Assalamualaikum Wr.Wb.
salam
injeksi semua kawan kawan ,,,,,,,,
em seringkali kita mendengar orang orang berbicara mengenai teknologi Injeksi atau seringkali kita melihat iklan baik
dari TV,radio dll mengenai sebuah kendaraan yang menggunakan sistem / teknologi
injeksi,banyak yang di unggulkan terhadap motor injeksi katanya ,,, yakni antara lain lebih irit
Bahan bakar, performa mesin semakin bagus dan juga untuk masalah sisa gas
pembakaran dikatakan lebih ramah lingkungan.
Bro dan sis
sebelumnya sanya tidak tertarik mengenai injeksi soalnya saya ngak paham
mengenai sistem injeksi itu seperti apa,,,,tetapi untuk sekarang ini rasa
ketidak tertarikan saya berubah menjadi kecintaan yang luar biasa terhadap
sistem injeksi,,( terutama pada motor kesayangan saya <<<heheh ).
Taungak kenapa bro dan sis ,,,yups itu karena saya sempet ketumu dengan
seseorang yang paham betul mengenai injeksi,,, tentunya saya mintak penjelasan
kepada beliaunya ,,,,dan untuk kali ini saya akan cobak kasih pemahaman sistem
injeksi kepada bro dan sis sekalian.
Bro dan sis
ternyata sistem injeksi “FI” itu adalah
teknologi yang canggih yang untuk teknologi ini pertamakali diterapkan pada
sebuah pesawat terbang. Perlu diketahui juga bahwa selain sistem injeksi ada
juga sistem yang muncul sebelum injeksi yakni sistem karburator,,,tetapi tahun
demi tahun lambat tahun kendaraan yang memakai karburator mulai
ditingkalkan,,,,maka dari itu kali ini saya ngak akan membahas sistem karburator melainkan yang saya bahas kali ini
adalah sistem injeksi.
Ok lansung
saja pada topic pembahasan bro sis,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
Pertama tama yang harus kita pahami mengenai injeksi adalah artian kata dari injeksi FI biasanya orang menyebutnya ,,,, kata
injeksi atau “FI”memiliki kepanjangan yakni : F = Fuel ( bahan bakar
),I=Injection ( bahan bakar )Nah bro dan sini bisa kita simpulkan bahwa artian
kata “FI” adalah Fuel Injection ( bahan bakar yang di semprotkan ),,,,,,,,jadi
untuk bahan bakar yang akan dibakar bersamaan dengan udara di dalam ruang
pembakaran itu dasarnya adalah dengan penyemprotan atau pengkabutan bahan bakar yang dilakukan oleh komponen yang
mempunyai nama Injector. Dari sisni keuntungan dari pengkabutan yang didapat
secara lansung adalah untuk prosems atomisasi/percampuran bahan bakar dengan
udara itu semakin bagus dan untuk imbasnya dapat diperoleh sebuah pembakaran bahan bakar yang lebih sempurna,,,,,alias
bahan bakar yang dibakar habis terbakar secara sempurna .
Bro dan sis
untuk imbas dari pembakaran yang sempurna ini juga bisa mempemgarui performa
dari kerja mesin itu sendiri loh,,,,,yakni untuk tenaga yang dihasilkan oleh
mesin pastinya lebih maksimal karena pembakarannya sempurna maka imbas yang
terakhir adalah untuk gas sisa pembakaran bisa dikatakan lebih ramah
lingkungan. Bro dan sis sistem injeksi ini adalah sistem yang bisa dikatakan suatu
sistem yang memiliki keunggulan lebih cerdas dibandingkan dengan sistem sistem sebelumnya(
karburator ) kareana pada sistem injeksi itu dilengkapi dengan sebuah perangkat
komponen komponen pendukung kerja sistem injeksi yang canggih.
Seperti
halnya untuk sistem injeksi itu dibagi menjadi 3 bagian utama penting yang dapat menunjang kerja dari sebuah sistem
ini, antara lain pada sistem injeksi terdapat beberapa SENSOR yang bertugas mengetahuai atau mendeteksi kondisi mesin dan
lingkunga sekitar, terus dalam sistem injeksi terdapat yang namanya ACTUATOR atau bias kita katakana
sebagai komponen komponen sistem injeksi yang bertugas sebagai pelaksana kerja
sesuai dengan apa yang diperintahkan oleh control/otak dari sistem injeksi
tersebut,,,,, yang ketiga disini dijelaskan bahwa sistem injeksi itu terdapat
sebuah CONTROL atau sebuah otak dari
sistem injeksi yakni yang memiliki nama ECU ( engine control unit ) fungsi dari
ECU ini adalah sebagi penerima laporan dari sensor dan penyuru komponen
actuator untuk bekerja sesuai dengan kondidsi mesin/lingkungan yang datanya
didapat dari laporan komponen sensor.
Nah berarti
dasar dari sistem fi ini sama halnya kerja dari pada tubuh manusia,,,,,seperti
contoh analogi kerja sistem injeksi dibawah
ini :
Em apakah
bro sis bingung melihat gambar yang ada diatas,, em tenag aja disini saja
jelasin kok,,,,,Jadi gini bro sis
mengapa kok kerja sistem injeksi sama seperti kerja pada tubuh manusia,,,,,nih ceritanya brow,
Ketika
manusia berjalan di luar ruangan dan saat itu pula kita terkena sinar matahari
pasti pertamakali yang kita rasakan adalah panas,,,,,em pana pastinya pertama
dirasakan oleh kuli yang ada di tubuh kita,,,,,nah dari sini bisa kita artikan
bahwa kulit adalah bagian dari pada sensor yang terdapat pada tubuh kita yakni
terbilang sensor suhu dan lingkungan sekitar kita,,,,,setelah kulit merasakan
panas pastinya kulit tidak akan diam saja pasti kulit akan melaporkan hasil
temuannya tadi kepada yang ber wenag untuk berfikir yakni otak,,,,,,nah dari
otak kondisi laporan dari kulit tadi itu diolah atau dipikirkan ,,,,,apa ya
enaknya yang harus dilakukan kalau kondisi pana tubuh kita kepanasan ,,,,,? Em
pastinya kita pergi pada tempat yang lebih teduh lagi,,,,,dengan cara otak
menyuruh actuator untuk bergerak ,,,,, contohnya otak akan menyuruh kaki untuk berjalan ke tempat teduh,,,,,untuk
motor injeksi juga sama diya juga punya yang namanya sensor,control dan
actuator,,,,, contoh satu saja ketika motor injeksi mesinnya udah panas
berlebihan yakni sekitar 100 derajat maka sebuah sensor suhu mesin yang
terdapat pada motor akan melaporkan
kondisi tersebut kepada otak dari motor tersebut yakni ECU ( engine control
unit ) ketika laporan sudah masuk pada ECU maka laporan tersebut akan
dikelolah, dan pada saat kondisi mesin panas atau over heating maka hal yang
harus dilakukan adalah menambah pendinginan pada mesin,,,,,mak dari itu ECU memerintahkan yang namanya kipas
pendingin untuk membantu proses pendinginan pada motor tersebut.
Selain cara
kerjanya yang terkontrol sistem injeksi ini juga sangat mudah untuk masalah
perawatannya ,,,,, soalnya kalau saya lihat khususnya di dealer /bengkel remi
tempat saya servis motor injeksi saya,,,,, untuk servisnya itu Cuma butuh waktu
sebetar beda dengan waktu saya servis motor tipe karburator,,,,,kalau saya
lihat sih wajar wajar saja kareana untuk perawatannya saja sudah menggunakan
sistem computer,,,,,prosesnya pastinya lebih akura, lebih cepat, dan tidak
banyak membuang waktu kita untuk nunggu terlalu lam di bengkel.
Nah jadi inilah
brow dan sis yang membuat teknologi injeksi lebih unggul dibandingkan dengan
teknologi yang terdapat pada sistem sebelumnya.
Ok ini saja brow gak usah banyak banyak yang penting sedikit penjelasan
yang saya berikan mengenai injeksi ini bisa bermanfaat untuk bro dan sis
sekalian.
Salam
injeksi.
Tq.
Geen opmerkings nie:
Plaas 'n opmerking