Assalamualaikum
Wr.Wb.
Kawan seringkali kita menggunakan alat transportasi untuk memperlancar aktifitas kita dalam kegiatan kita sehari hari dan biasanya kalau tidak kendaraan roda empat yang kita gunakan adalah kendaraan roda 2, cenderung yang banyak digunakan adalah transportasi jenis kendaraan roda 2, selain harganya terjangkau untuk kalangan bawah sampai menega keatas untuk kendaraan roda dua ini bias kita artikan kendaraan yang tidak memerlukan medan jalan yang lebar melainkan jalan dengan lebar 1 .5 meter aja udah bias dilibas kendaraan roda 2 .
Banyak
teknologi teknologi yang dikembangkan pada kendaraan bermotor , yakni
salahsatunya adalah motor 2 tak ( 2 langkah ) dan motor 4 tak ( empat langkah
). Tetapi akhir akhir ini motor 2 tak udah tidak begitu banyak kita jumpai di
jalanan dan tingkat populasi pemakainya pun semakin sedikit karena beberapa
pertimbangan konsumen untuk motor 2 tak yakni lebih boros dalam pemakaian bahan
bakan dan juga yang perlu di perhatikan yakni masalah emisi gas buang yang
cukup tinggih yang diakibatkan karena polusi hasil pembuangan motor 2 tak
begitu besar. Untuk itu konsumen cenderung banyak yang beralih menggunakan
motor 4 tak ,selain lebih irit dalam pemakaian bahan bakar motor 4 tak juga
lebih ramah lingkungan disbanding motor 2 tak.
Yang jadi
masalahnya pemakaian bahan bakar secara terus menerus akan mengakibatkan
cadangan minyak bumi kita semakin habis dan kelak anak cucukita tidak dapat
merasakan hasil dari minyak mumi sendiri, makanya dari sini meskipun secara
sadar kita tidak bias menghilangkan pemakaian bahan bakar secara lansung kita
dapat memper panjang waktu habisnya bahan bakar, yakni dengan salah satunya
dengan cara memakai bahan bakar sesuai kebutuhan saja.
Ada juga
cara yang lain yakni seperti yang dilakukan pabrikan motor – motor baik roda 2
dan roda 4, yakni memakai bahan bakar secara evisien yakni dengan cara
mengembangkan jenis mesin yang hemat bahan bakar dengan cara salah satunya
merubah sistem pengaturan bahan bakar yang menggunakan karburator menjadi sistem
FI ( Fuel Injection ) hal ini juga dapat mengurangi asumsi dalam pemakaian
minyak bumi dikarenakan sistem FI ( Fuel Injection ) adalah sistem dalam
rangkaian mesin yang mengontrol semua sistem baik bahan bakar maupun sistem pengapian
jadi untuk pemakaian bahan bakar lebih sesuai dengan kebutuhan mesi dan kondisi
lingkungan sekitar, jadi untuk motor injeksi pasti dijamin lebih irit
dibandingkan dengan sistem karburator yang hanya mengatur bahan bakar yang
sesuai dengan bukaan gas saja atau sesuai nafsu pengendara bukan sesuai dengan kebutuhan
mesindan & kondisi lingkungan.
Berhubung dengan
adanya era baru dalam perkembangan motor yakni dari motor karburator menjadi
motor injeksi maka disini saya akan jelskan mengenai tips / prosedur perawatan
sistem injeksi.Disini yang perlu diperhatikan untuk masalah sistem injeksi
yakni salah satunya adalah masalah bahan bakar yang kita pakai,banyak konsumen
kita yang belum mengerti betapa pentingnya kualitas bahan bakar yang kita gunakan
pada kendaraan kita,baiknya untuk pemakaian bahan bakar saya sarankan menbeli
di SPBU resmi, bukan berarti kualitas pertamini / bensin eceran itu kurang baik
adajuga kok yang kualitasnya terjaga juga , tetapi lebihbaiknya kita juga harus
hati hati juga memilih bahan bakar untuk motor kesayangan kita.
1. Terjadi endapan kotoran di saringan fuel pump ( pompa bahan bakar ) dan filter bahan bakar yang terdapat di dalam fuel tank ( tangki bahan bakar )
2. Terjadi penyumbatan injector (
penyemprot bahan bakar ) akibat jelaga yang diakibatkan karena
Pembakaran bahan bakar yang kurang bersih alias kotor
3. Selain itu juga terjadi endapat
karbon di ruang bakar yang mengakibatkan tekanan kompresi menjadi tinggih
Dari
beberapa faktor yang ditimbulkan karena bahan bakar yang jelek maka imbasnya
pasti performa mesin menurun, mesin cepat panas, mesin susah hidup bahkan tidak
bias nyala .
Untuk
masalah dia atas sebenarnya kita ngak perlu khawatir yang penting kita
servisnya rutin per 3bulan / 3000 kilometer sekali dan juga bengkel tempat kita servis mempunyai alat yang
lengkap untuk motor injeksi yang seperti pada bengkel resmi Yamaha, contohnya
kalau kita punya motor injeksi khusnya Yamaha lebihbaik kita percayakan motor
kita ke bengkel resmi Yamaha, selain pelayanannya yang memuaskan juga masalah
SOP ( standart operasional prosedur ) juga diterapkan betul di bengkel resmi
Yamaha , contoh alat Yamaha yang digunajan untuk proses maintenance motor
injeksi yang berhubungan dengan pembersihan :
1. Nama alat ini adalah injector cleaner & tester yang berfungsi untuk mengece kondisi injector ( penyemprot bahan bakar ) sekaligus pembersih injector,Alat ini ada di semua jaringan bengkel resmi Yamaha.
Untuk kedua alat tersebut adanya di jarinagn bengkel resmi
Yamaha, jadi silahkan anda konsultassikan servis motor anda ke bengkel
resmi dikarenakan bengkel resmi dapat
menjamin kualitas servis motor anda dan untuk garansi motor anda juga masih
tetap terjaga .
Mungkin itu aja sekilas informasi dari saya mudah mudahan
sekilas tulisan saya ini bias bermanfaat bagi anada sekalian .
Best regards
Geen opmerkings nie:
Plaas 'n opmerking