Bladsye

31 Mei 2013

Bunyi grok grok pada motor matic ( CVT )









Assalamualaikum Wr.Wb.                                                                                                                                                                          
salam matic brosis,,,,,,,,,,,,,,,

Brow dan sis saya mau membagi sedikit pengetehuan bagi brosis sekalian,pengetahuan ini saya dapat secara lansung dari apa yang saya alami.


Pada waktu itu saya pinjem motor saudara saya yakni motor matic yang namanya HONDA revo, pada saat motor saya nyalakan kondisinya normal seperti motor motor matic lainnya.Teatapi pada saat motor saya buat jalan kira kira 20 km/jam motor khususnya pada bagian bawah ( CVT ) mengeluarkan bunyi GROK GROK, awalnya sih saya anggap biasa suara tersebut dan saya kira suara itu akan hilang dengan sendirinya ketika motor sudah panas mesinnya, tetapi perkiraan saya itu semua salah besar karena meski motor sudah dibuat jalan jauh dan mesinnya sudah panas bunyi GROK GROK pada CVTnya tetep masih ada alias ngak bisa hilang suaranya.


Awalnya saya biarin masalah tersebut tetapi setelah saya pikir pikir kok risih juga setiap memakai motor kok keluar bunyi gakjelas ( GROK GROK ),akhirnya saya bilang ke pemilik kendaraan tersebut yakni saudara saya sendiri dan jawabnya motornya mengeluarkan bunyi GROK GROK itu sudah lama dan munculnya suara tersebut pada saat motor habis dibuat luar kota yakni Surabaya – Lamongan pp.


Kebetulan disini saya juga paham akan kerja dari motor matic maka dari itu motor segera saya lakukan analisa,tentunya yang saya lakukan adalah menentukan dimana titik atau posisi keluarnya suara tersebut,,,capcus lansung saja roda saya putar secara perlahan sambil merasakan suaranya tersebut.


Setelah saya analisa untuk titik suara GROK GROK tersebut ada di bagian CVT bagian belakang yang lansung berhubungan sama roda,dengan begitu lansung tanpa basah basi saya bawa ke bengkel resmi yang ada di sekitar rumah saya, soalnya saya ngak punya kunci untuk bongkar bagian CVTnya,,,,hehehe.

Waktu sampai di bengkel resmi AHAS lansung saja saya bilang mengenai masalah pada motor saya tersebut dan juga saya kasih tau tentang prediksi saya mengenai kerusakan yang terjadi di motor saya tersebut.


Pada saat itu siteknisi lansung menaikkan motor saya ke beklif alat tempat servis motor ,waktu pertama saya lihat si teknisi yang ngerjain motor saya dia lansung membongkar bagian CVT, dan wal hasil ternyata bener apa prediksi saya tadi masalahnya ada pada bagian belakang CVT atau yang tepatnya pada DRIVEN FACE kalau secara teknik atau bisa saja kita sebut dengan GANDA,pada bagian GANDAnya ternyata setelah di bongkar pada tempatnya telah didapati sebuah laher/bearing yang kondisinya sudah rusak alias oblak  .

 
bearingnya rusak alias tebal heheheheh,,,,, tetapi kok bisa ya bearingnya rusak hancur seperti kena pukulan benda tumpul yang keras,,,itu jawabannya adalah bisa diakibatkan yang pertama karena faktor usia dari pada motor itu sendiri dan juga factor pemakaian motor alias kondisi berkendara kita.Pantes saja brosis bagian CVTnya mengeluarkan suara GREK GREK eh tenyata bea


Dari sisni yanya nyadar bro bahwa saudara saya berat badannya sekitar 95 kg dan tiap hari motornya dikendarai untuk jualan sayur dipasar ,,,em pantes saja bearingnya bisa kalah ( rusak ) hehehe.

Tapi bro dan sis semua ngak usah khawatir ,soalnya motornya masih bisa diperbaiki kok,yankni dengan cara adalah tinggal melepas beraing yang rusak tersebut dari dudukannya dan menggantinya dengan yang baru, setelah itu pasang semua komponen komponennya kembali dan jangan lupa putar roda belakangnya sambil mendengarkan suaranya mudah hilang atau belum. ( kelardeh )……


Cuma simpl aja kok bro sis untuk mengatasinya,,,Cuma satu aja untuk pesan saya untuk bro sis semua para penguna motor baik matic sama non matik,untuk motor kita usianya bisa awet kalau yang pertama motor kita gunakan sesuai ketentuan dari pabrikan ,,,contoh motor mempunya beban maximal / beban yang di ijinkan untu suatu motor tersebut,,,,yang kedua motor kita bisa awet itu tergantung juga masalah maintenance ( perawatan ) berkala yang kita lakukan sudah rutin apa belum .

Ok brosis itu informasi dari saya ........                                                                                                                                                                   semoga bisa bermanfaat ya bagi kawan kawan bro sis sekalian.

mohon maaf jika ada kesalahan kata kata / penulisan
Tq.

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking

Plaas 'n opmerking

;