Bladsye

17 Mei 2013

TIPS BAGI PENGGUNA MOTOR INJEKSI




Assalamualaikum Wr.Wb.




Kawan seringkali kita menggunakan alat transportasi untuk memperlancar aktifitas kita dalam kegiatan kita sehari hari dan biasanya kalau tidak kendaraan roda empat yang kita gunakan adalah kendaraan roda 2, cenderung yang banyak digunakan adalah transportasi jenis kendaraan roda 2, selain harganya terjangkau untuk kalangan bawah sampai menega keatas untuk kendaraan roda dua ini bias kita artikan kendaraan yang tidak memerlukan medan jalan yang lebar melainkan jalan dengan lebar 1 .5 meter aja udah bias dilibas kendaraan roda 2 .
Banyak teknologi teknologi yang dikembangkan pada kendaraan bermotor , yakni salahsatunya adalah motor 2 tak ( 2 langkah ) dan motor 4 tak ( empat langkah ). Tetapi akhir akhir ini motor 2 tak udah tidak begitu banyak kita jumpai di jalanan dan tingkat populasi pemakainya pun semakin sedikit karena beberapa pertimbangan konsumen untuk motor 2 tak yakni lebih boros dalam pemakaian bahan bakan dan juga yang perlu di perhatikan yakni masalah emisi gas buang yang cukup tinggih yang diakibatkan karena polusi hasil pembuangan motor 2 tak begitu besar. Untuk itu konsumen cenderung banyak yang beralih menggunakan motor 4 tak ,selain lebih irit dalam pemakaian bahan bakar motor 4 tak juga lebih ramah lingkungan disbanding motor 2 tak.
Yang jadi masalahnya pemakaian bahan bakar secara terus menerus akan mengakibatkan cadangan minyak bumi kita semakin habis dan kelak anak cucukita tidak dapat merasakan hasil dari minyak mumi sendiri, makanya dari sini meskipun secara sadar kita tidak bias menghilangkan pemakaian bahan bakar secara lansung kita dapat memper panjang waktu habisnya bahan bakar, yakni dengan salah satunya dengan cara memakai bahan bakar sesuai kebutuhan saja.
Ada juga cara yang lain yakni seperti yang dilakukan pabrikan motor – motor baik roda 2 dan roda 4, yakni memakai bahan bakar secara evisien yakni dengan cara mengembangkan jenis mesin yang hemat bahan bakar dengan cara salah satunya merubah sistem pengaturan bahan bakar yang menggunakan karburator menjadi sistem FI ( Fuel Injection ) hal ini juga dapat mengurangi asumsi dalam pemakaian minyak bumi dikarenakan sistem FI ( Fuel Injection ) adalah sistem dalam rangkaian mesin yang mengontrol semua sistem baik bahan bakar maupun sistem pengapian jadi untuk pemakaian bahan bakar lebih sesuai dengan kebutuhan mesi dan kondisi lingkungan sekitar, jadi untuk motor injeksi pasti dijamin lebih irit dibandingkan dengan sistem karburator yang hanya mengatur bahan bakar yang sesuai dengan bukaan gas saja atau sesuai nafsu pengendara bukan sesuai dengan kebutuhan mesindan & kondisi lingkungan.
Berhubung dengan adanya era baru dalam perkembangan motor yakni dari motor karburator menjadi motor injeksi maka disini saya akan jelskan mengenai tips / prosedur perawatan sistem injeksi.Disini yang perlu diperhatikan untuk masalah sistem injeksi yakni salah satunya adalah masalah bahan bakar yang kita pakai,banyak konsumen kita yang belum mengerti betapa pentingnya kualitas bahan bakar yang kita gunakan pada kendaraan kita,baiknya untuk pemakaian bahan bakar saya sarankan menbeli di SPBU resmi, bukan berarti kualitas pertamini / bensin eceran itu kurang baik adajuga kok yang kualitasnya terjaga juga , tetapi lebihbaiknya kita juga harus hati hati juga memilih bahan bakar untuk motor kesayangan kita.



Disini efek pemakaian bahan bakar yang berkualitas jelek :


 
 
 1.    Terjadi endapan kotoran di saringan fuel pump ( pompa bahan bakar ) dan filter bahan bakar yang terdapat di dalam fuel tank ( tangki bahan bakar )
  2.    Terjadi penyumbatan injector ( penyemprot bahan bakar ) akibat jelaga yang diakibatkan karena
Pembakaran bahan bakar yang kurang bersih alias kotor
  3.    Selain itu juga terjadi endapat karbon di ruang bakar yang mengakibatkan tekanan kompresi menjadi tinggih

4.    Bias juga mengakibatkan tidak berfungsinya pompa bahan bakar sehingga menyebabkan bahan bakar tidak bias mengalir ke ruang bakar
Dari beberapa faktor yang ditimbulkan karena bahan bakar yang jelek maka imbasnya pasti performa mesin menurun, mesin cepat panas, mesin susah hidup bahkan tidak bias nyala .
Untuk masalah dia atas sebenarnya kita ngak perlu khawatir yang penting kita servisnya rutin per 3bulan / 3000 kilometer sekali dan juga  bengkel tempat kita servis mempunyai alat yang lengkap untuk motor injeksi yang seperti pada bengkel resmi Yamaha, contohnya kalau kita punya motor injeksi khusnya Yamaha lebihbaik kita percayakan motor kita ke bengkel resmi Yamaha, selain pelayanannya yang memuaskan juga masalah SOP ( standart operasional prosedur ) juga diterapkan betul di bengkel resmi Yamaha , contoh alat Yamaha yang digunajan untuk proses maintenance motor injeksi yang berhubungan dengan pembersihan :

1. Nama alat ini adalah
injector cleaner & tester yang berfungsi untuk mengece kondisi injector ( penyemprot bahan bakar ) sekaligus pembersih injector,Alat ini ada di semua jaringan bengkel resmi Yamaha.
Add caption
2. Nama alat ini adalah Injector Cleaner 3M alat ini hampIr sama dengan injector cleaner & tester bedanya alat ini lansung membersihkan injector sekaligus ruang bakar tanpa melepas / menguji kemampuan injector , jadi untuk pengoprasiannya juga lebih praktis , tinggal tancap terus hidupin mesin selama 10 menit dan bersih deh,,,
Untuk kedua alat tersebut adanya di jarinagn bengkel resmi Yamaha, jadi silahkan anda konsultassikan servis motor anda ke bengkel resmi  dikarenakan bengkel resmi dapat menjamin kualitas servis motor anda dan untuk garansi motor anda juga masih tetap terjaga .
Mungkin itu aja sekilas informasi dari saya mudah mudahan sekilas tulisan saya ini bias bermanfaat bagi anada sekalian .

Best regards

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking

Plaas 'n opmerking

;